Pengertian Hardware, Software, Brainware pada Komputer dan Manusia
Didalam sebuah komputer kita akan menemukan istilah "Hardware,
Software dan Brainware", terlebih didalam dunia pendidikan yang
mungki sering kita mendengar akan tetapi mungkin sobat pembaca ada yang masih
kurang paham akan apa arti dari ke-3 istilah tersebut, baik silahkan disimak
baik-baik. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang
apa yang saya ketahui dari ketiga istilah diatas.
Langsung saja
masuk kepambahasan utama tentang Pengertian Hardware, Software dan Brainware Komputer agar
pembahasan kita tidak melebar kema-mana.
1.
Hardware
Hardware yang
dalam Bahasa Indonesianya "Perangkat Keras" adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi. contohnya Harddisk, VGA, RAM, Processor dll.
Perangkat Hardware terdiri atas 3
jenis, yaitu:
a.
Perangkat masukan (Input
device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa
teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya
keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
b.
Perangkat keluaran (Output
device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan
data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
c.
Perangkat pengolah data
(Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.
Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan
juga mikroprosesor.
2.
Software
Apa itu
Software? "Software itu ya Program" atau "Software itu Windows,
Microsoft Office, dll.". Semua jawaban itu salah. Software adalah nama
lain dari Perangkat Lunak yang artinya sebuah kode program yang disusun
sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan atau penjelasan
secara singkat software adalah yang sifatnya ditidak dapat diiraba hanya dapat
berinteraki antar user dan program komputer. Pada setiap sistem komputer harus
terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware (penjelasan
ada di bawah) dengan hardware tidak memungkinkan adanya pembagian sumberdaya
komputer secara tepat.
3.
Brainware
Brainware
adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau
sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat
intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware
komputer maupun software komputer.
Hardware,
Software, dan Brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang
lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan
untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna. Apabila ada 1 buah
perangkat komputer mempunyai hardware lengkap akan tetapi jika tidak ada
softwarenya, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena
Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga
terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
Apabila
Hardware dan Software komputer telah tercipta, apabila tidak terdapat Brainware
untuk mengoperasikannya, maka komputer tersebut hanyalah sebagai mesin yang
tidak memiliki fungsi. Bisa dikatakan hanyalah sebuah Robot yang diam. Jadi,
Brainware atau pengguna merupakan salah satu elemen penting untuk
mengoperasikan komputer agar tercipta komputer yang memiliki fungsionalitas dan
dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengguna.
Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer
Perangkat Keras Komputer di sebut juga Arsitektur
Komputer dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan
sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita hanya akan membahas arsitektur
pada umumnya, Secara garis besar arsitektur computer dapat di bagi menjadi 4
yaitu :
1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit
sistem computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb :
Primary storageControl unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama
sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan
operasi perhitungan matematika dan logika. Secondary storage (penyimpanan
sekunder ), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak
digunakan.
2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary
storage.
3. Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil
pengolahan. (penyimpanan primer), berisi data yang diolah & program,...
4. Primary storage : tempat penyimpanan
Central Processing Unit, Disinilah
jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses
yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung. Berikut adalah organ utama
dalam CPU :
a.
Processor : Menjalankan program.
b.
Motherboard : Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan
untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.
c.
Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan
keluaran dari processor untuk ditampilkan ke monior.
d.
Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada
dalam computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
e.
Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.
f.
Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa
sebuah computer untuk mengeksekusi program.
Alat input dibagi ke dalam dua
golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung
memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa
terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input
langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device,
scanner, voice recognizer. Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan
tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media
mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan
penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard,
keytotape, keytodisk, dll.
a.
Keyboard : Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik
yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada
tahun 1868.
b.
Mouse : dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita.
c.
Scanner : suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.
d.
Monitor : disebut juga
layar computer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.
e.
Printer : digunakan
untuk mencetak data / informasi pada kertas
f.
Speaker : berfungsi
untuk mengeluarkan informasi berupa suara
g.
Processor : sebagai
pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya.
h.
Mainboard : sebagai
kerangka mesin computer tempat processor dan komponen – komponen lainnya
dipasang
i.
Diskette Drive :
disebut floppy drive, yaitu tempat memasukkan floppy disk (disket). Berfungsi
membaca dan menulis data pada disket.
j.
CD Drive : tempat
memasukkan CD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD
k.
Harddisk
: adalah tempat penyimpanan data. Harddisk berada dalam casing (badan) komputer
dan jarang di pindah-pindahkan (disebut fixed disk)
l.
Memory (RAM) tempat
penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Accses Memory, yaitu
memori yang bias diakses secara acak oleh processor.
m.
VGA
– Card : komponen yang berfungsi menampilkan gambar / tampilan pada monitor.
(Video Graphics Array)
n.
Sound
Card : komponen yang berfungsi mengolah data menjadi suara yang akan
ditampilkan pada speaker
o.
LAN Card : komponen
yang akan menghubungkan computer dengan computer lainnya. Tidak selalu ada pada
computer, dan dipasang jika diperlukan saja.
p.
Modem
: komponen yang diperlukan jika kita ingin koneksi internet, atau untuk
mengirim data melalui jaringan telepon.
q.
Stabilizer :
menstabilkan arus listrik sehingga arus yang masuk ke dalam power supply
komputer tidak terlalu naik – turun yang bisa menyebabkan kerusakan peralatan
elektronik dan data.
r.
UPS : untuk mencegah
komputer mati ketika terjadi pemadaman arus listrik mendadak. Pada waktu
listrik padam, UPS otomatis menyediakan daya listrik untuk computer.
Output yang dihasilkan dari pemroses
dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol
khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar ), suara , dan bentuk lain
yang dapat dibaca oleh mesin ( machine-readable form ). Peralatan output dapat
berupa :
a.
Hard-copy device yaitu alat yang digunakan untuk mencetak
tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
b.
Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan
dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Contoh :>>
Printer : Output device yang berfungsi mencetak data ( Dokumen, Picture, web
page, dll ) >> Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan
data-data dari CPU. >> Projector : Sama halnya monitor, projector
berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran
projector jauh lebih besar dari monitor. >> Speaker : Alat keluaran untuk
device yang berupa suara.
Primary storage
a.
Pita Magnetik
(Magnetic Tapes)
b.
Floppy disk (diskette),
c.
Zip
Drive
d.
Flash Disk
e.
Hard Disk
f.
Disk Optik (Optical
Disk)
Komponen - Komponen Perangkat Lunak Pada Komputer
Program Aplikasi (Software
Application)
Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan
oleh user untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Program aplikasi dapat dibedakan menjadi :
a.
Word Processing
Merupakan program ppengolah kata
yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah
Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b.
Desktop
Publishing
Merupakan
program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum
dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c.
Program
Spreadsheet
Merupakan program yang dapat
digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh
dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d.
Database
Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan,
mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa
database. Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
e.
Graphics
Dengan program ini kita dapat mengolah data berupa
graphic seperti menggambar, meberi warna, membuat animasi, mengedit foto, dan
lain-lain.
Pengertian
Hardware, Software dan Brainware pada Manusia
Manusia = Hardware+Software+brainware
1.
Hardware manusia, seluruh anggota tubuh yang
diberikan Allah dengan sangat sempurna.
2.
Software manusia, seluruh tindakan dan pemikiran
aplikasi dari otak manusia.
3.
Brainware manusia, otak yang diberkahi Allah
dengan segala kelebihannya yang sangat luarbiasa.
Seluruhnya akan terproses apabila terjadi yang namanya:
1.
Learn: memasukan semua informasi apapun itu.
2.
Un learn: menghapus data informasi yang tidak
falid.
3.
Re learn: meng-upgrade/ memperbaharui selalu
data yang ada, dengan cara apa? Tentunya dengan selalu banyak membaca, karena
dengan membaca kita akan lebih banyak mengetahui dan wawasan kitapun akan luas.
0 komentar:
Posting Komentar